14 November, 2010

Jadilah Bagian Dari Semua Kelompok

Pernahkah anda berfikir bahwa bangsa ini akan segera hancur oleh ulah kita sendiri? Dan pernahkah berfikir pula bahwa bangsa ini bisa menjadi bangsa yang unggul jika kita bersatu?

Arogansi kelompok-kelompok tertentu yang berusaha memberi warna khusus pada karakter socio politic bangsa ini dalam perjalanannya kadangkala menggiring bangsa dan negara ini pada posisi yang kurang menguntungkan di dalam pergaulan dunia.

Misalnya, adanya kebijakan politik yang lebih mengakomodasi kepentingan kelompok tertentu, hingga menimbulkan pro dan kontra yang berkepanjangan serta menguras energi bangsa. Meski pada prinsipnya sah-sah saja. Namun seringkali kebijakan politik yang dilahirkan bukan atas dasar pemahaman tentang pentingnya kebersamaan, melainkan karena hal-hal yang bersifat sektoral akibat dipengaruhi kekuasaan massal. Baik kekuasaan yang didukung dari dalam maupun dari luar.

Berpikirlah sehat dan masuk akal. Jika kita merupakan bagian dari kelompok mayoritas maka bersikaplah adil dan bijaksana. Sementara jika kita merupakan bagian dari kelompok minoritas maka bersikaplah lapang dada dan mawas diri. Yang terbaik adalah jika kita selalu merasa bagian dari semua kelompok. Niscaya keutuhan bangsa ini akan cukup tertopang oleh kekuatan yang dimiliki dalam spirit kebersamaan. (Medy P Sargo)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Masalahnya sudah tidak kebagian apa-apa. Mau kemana lagi?